top of page
Cari

Yusran Akbar : Saatnya UMKM Beradaptasi dengan Digitalisasi Produk Usaha


Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar ST
"Saatnya UMKM beradaptasi dengan digitalisasi produk usaha. Dan kami di Kadin Baru Konawe siap memfasilitasi konten penjualan produk UMKM dan koperasi secara online untuk kemajuan ekonomi dan meraik keuntungan berusaha,"

UNAAHA |

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Konawe terus menyuarakan program prioritas nasional Kadin Indonesia dalam rangka membangkitkan dan memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah melalui sistem digitalisasi produk UMKM.


Upaya konkret telah dilaksanakan Kadin Konawe melalui program iklan promosi produk UMKM di website kadinkonawe.com dengan konsep "Gratis Produk UMKM, Iklankan Apapun Usaha Anda, Kami yang Promosikan Mendunia" sebagai langkah awal program kerja diperiode pengurusan Kadin baru Konawe.


Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar dalam berbagai kegiatannya terus mengajak pelaku usaha agar bisa beradaptasi dengan kemajuan teknologi digital untuk mempromosikan dan melakukan penjualan produk-produk UMKM secara online.


"Program digitalisasi produk UMKM terus kita sosialisasikan dan perkenalkan kepada masyarakat pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas dan penjualan produk melalui internet, terutama selama pandemi corona ini. Kita tidak bisa pungkiri adanya keterbatasan dan perubahan kegiatan berusaha," ujar Yusran Akbar, Selasa (1/02/2022).


Tentunya kata Yusran, pihak Kadin Konawe terus berusaha menggandeng mitra dalam melakukan pendampingan dan bimbingan kepada para pelaku UMKM agar lebih baik, lebih maju dan SDM lebih berkualitas dalam berusaha melalui sistem digitalisasi produk dengan menggunakan internet.


Berdasarkan data per Desember 2021, diperkirakan sekitar 17,25 juta pelaku usaha UMKM sudah 'Go Digital' dari target 13,7 juta. Sehingga tahun 2022 diharapkan meningkat dilevel 19 juta UMKM menggunakan teknologi digital berjualan menggunakan teknologi internet.


Disisi lain kegiatan berusaha di sektor koperasi, sudah mencapai 202 koperasi yang go digital di tahun 2021 dari target yang ditetapkan sekitar 100 koperasi. Tahun 2022 ini target yang diharapkan lebih meningkat dan bertambah lagi 200 koperasi digital.


"Saatnya UMKM beradaptasi dengan digitalisasi produk usaha. Dan kami di Kadin Baru Konawe siap memfasilitasi konten penjualan produk UMKM dan koperasi secara online untuk kemajuan ekonomi dan meraik keuntungan berusaha," tutup Yusran Akbar. (*)


71 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page